image

 

Infonyakuy.com- Berbicara masalah Honda CBR250RR memang tak asing lagi rasanya di telinga kita terutama bagi pemilik kendara'an tersebut. Kali ini saya akan membahas mengenai masalah yang pernah saya alami tentang Honda CBR250RR saya yang tiba-tiba saja susah masuk gigi.

Awal kasus terjadinya susah mengoper gigi

Pada saat itu, motor saya habis menempuh perjalanan yang cukup jauh, mungkin sekitar ratusan KM dan setelah itu saya hampir satu minggu tak pernah memakai motor tersebut untuk saya kendarai.

Setelah satu minggu saya pun mulai memanaskan si mesin Honda CBR250RR tersebut kemudian saya akan bawa ke bengkel Ahas terdekat di rumah saya untuk penggantian OLI Mesin. Waktu saya membawa ke bengkel Ahas ini hal yang paling saya rasakan adalah motor saya ini (CBR250RR) sedikit tarikanya agak berat, "ya wajarlah mungkin karna habis saya pakai untuk perjalanan cukup jauh" ucap dalam fikiran saya.


Setelah sampai di bengkel Ahas tersebut saya pun meminta kepada teman saya kebetulan Mekanik di bengkel Ahas tersebut. Kemudian saya suruh ganti dengan OLI MPX1 Satu Liter yang biasa bukan yang Full Syntetik.

Setelah selesai saya pun bergegas menuju ke sebuah tempat bengkel yang biasa saya kesana, dan beberapa saat setelah saya keluar dari bengkel Ahas mungkin kurang lebih jarak yang saya tempuh 1 KM, Tiba-tiba seperti ada yang tidak beres di bagian pedal/Gigi Perseneling yang saya injak.

Saya merasa Tuas Perseneling gigi Honda CBR250RR saya tidak mau balik keatas dengan sendirinya di ikuti dengan susahnya memasukkan Gigi Tranmisi dari Gigi satu(1) sampai Gigi enam (6) dan saya coba untuk mengurangi juga sama susah, dan saya coba berulang ulang ahirnya bisa tapi harus di bantu menggunakan jari kaki untuk memposisikan Tuas Gigi tersebut di tengah-tengah.

Barulah dengan Tuas Gigi di tengah-tengah di antara mau nambah Gigi dan mengurangi gigi, barulah saya bisa menambah Gigi dari Gigi 2 sampai seterusnya dengan cara yang sama.
Setelah kejadian tersebut saya tidak langsung memperbaiki masalah tersebut dan dua minggu kemudian baru saya coba cari tau masalahnya.


Apa Penyebab Motor Susah Masuk Gigi?



image


Ada banyak faktor yang menyebabkan motor sulit memindahkan gigi terutama ada beberapa hal yang dapat menyebabkan motor susah masuk gigi, diantaranya:

  • Kemudahan transmisi yang kurang
  • Kabel kopling yang kendor, kurangnya menarik tuas kopling juga mengakibatkan sulit untuk memasukan Gigi
  • Kekurangan oli pelumasan di bagian transmisi
  • Kerusakan pada synchronizer gear atau biasa kita sebut Tranmisi
  • Kerusakan pada kopling ini juga bisa mengakibatkan sulit dalam melakukan menambah Gigi
  • Kerusakan pada sistem pemindah tenaga (drivetrain) atau biasa kita kenal dengan sebutan Drum
Sebaiknya periksa dan perbaiki masalah tersebut dengan bantuan mekanik yang berpengalaman agar motor kita tetap dalam kondisi yang aman.

Kembali lagi ke obrolan yang sebelumnya, Setelah saya coba cari tau di internet dan juga youtube ternyata tidak ada jawaban yang memuaskan yang pada ahinya saya mencoba mencari tau apa masalahnya.


Dan saya coba bongkar Honda CBR250RR saya, saya bongkar body kanan kemudian saya buka Bak Kopling bagian kanan dengan alat seadanya, setelah terbuka saya lihat kondisi mangkuk kopling dan bagian sekelilingnya tampak tidak ada yang bermasalah.

Setelah itu saya coba buka mangkuk kopling (rumah kopling) dan di bagian barulah nampak, penyebab Honda CBR250RR saya ini susah masuk Gigi dan Tuas Gigi tak mau balik ke atas sendiri secara otomatis, ternyata Per (Spring Gearshift Drum) mengalami patah itu yang menyebabkan Tuas Gigi tak mau balik ke atas dan sulit Pindah Gigi.

image
gambar spring gearshift drum



Mungkin karna faktor usia, kebetulan Honda CBR250RR milik saya ini sudah hampir 5 Tahun usianya dan sudah menempuh perjalanan kurang lebih 26.000 KM.

Itulah sharing pengalaman di mana terjadi Troble di bagian mesin yang mengharuskan motor saya ini harus belah mesin, saran saya ketika kalian mau Bongkar Mangkuk Kopling (Rumah Kopling ) kalian harus berhati-hati dan gunakan alat yang sesuai, karna jika tidak maka akan terjadi kerusakan yang serius di bagian Rumah Kopling.

Seperti yang saya alami "Rumah Kopling saya patah" akibat tidak menggunakan alat yang sesuai, dan ahirnya saya harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal.



                        Baca Juga Artikel Lainya: HOMEPAGE>>