image
sumber foto: fb






Infonyakuy.com- Honda CBR250RR adalah motor dengan kapasitas mesin 250CC dua Cylinder berpendingin cairan yang mampu melaju dengan kecepatan sekitar 180 km/jam. Di desain dengan konsep sport motor ini banyak di gemari oleh para kaum muda di indonesia. Tak hanya ada di indonesia, Motor yang satu ini juga ada di beberapa negara di antaranya:

  • Thailand
  • Indonesia
  • Jepang
  • Malaysia
  • DLL
Di kabarkan indonesia adalah negara pertama yang memperkenalkan dan menjual sepeda motor ini setelah jepang. Memang Honda CBR250RR ini di rancang di Jepang dan kemudian oleh PT.Astra Honda Motor Indonesia mulai di kembangkan dan produksi di Indonesia. Sebagai salah satu negara yang mampu memproduksi kendara'an sport ini, Indonesia di tunjuk untuk mempromosikan dan juga mengekspor Motor yang satu ini sampai ke Negara Tetangga sebelah loo.

Motor Honda CBR250RR yang di produksi di Indonesia ini sudah di expor di berbagai negara lain di antaranya, Thailand, malaysia sejauh ini yang saya ketahui, mungkin masih ada beberapa negara lain yang mimin belum mengetahui.

Ngomongin masalah Honda CBR250RR, Saya mau ngasih tau ni tentang cara merawat Motor yang satu ini, terutama di bagian pelumasan seperti Oli . Mungkin bagi kalian yang berkunjung di blog ini sudah pasti ingin mencari informasi mengenai bagaimana cara merawat Motor yang satu ini terutama kapan waktu yang tepat untuk mengganti Oli Mesin hingga Filter OLI Mesin Honda CBR.


Sebelum kita bahas mengenai kapan waktu yang tepat kita mengganti OLI Mesin si BabyRR ini, ada baiknya kita mengetahhui dulu ni Oli apa sih dan Type apa yang di rekomendasikan untuk di gunakan di motor ini?

Rekomendasi Oli Yang Bagus Untuk CBR250RR

Sesuai dengan Rekomendasi Pabrikan motor tersebut, Motor CBR250RR ini membutuhkan Oli dengan Spesifikasi sebagai berikut:

  • Oli sepeda motor 4 Tak (4 langkah)
  • Klasifikasi servis API:SG atau lebih tinggi
  • Standar JASO T903: MA
  • Viskositas : SAE 10W-30
Nah dari situ kita bisa lihat dari Spesifikasi Oli yang di butuhkan untuk motor kesayangan kita tersebut. Jadi kita harus pandai memilih Oli untuk pelumasan motor kita yang sesuai dengan rekomendasi dan spesifikasi dari sang pencipta Motor tersebut, agar Mesin Motor kita terhindar dari kerusakan serta menjaga agar Mesin Motor kita menjadi lebih awet.

Lalu "Merek oli apa sajakah yang memiliki spesifikasi di atas tersebut?"
Tentu jawabanya adalah MPX1 dan SPX1 bawa'an Pabrikan si motor tersebut.

Lalu pertanya'an selanjutnya, "apakah bisa kita kasih pelumas selain Oli dengan merek di atas?" Jawabanya adalah bisa. Tergantung keinginan si pemilik motor tersebut, tapi perhatikan spesifikasi pelumasan yang di butuhkan untuk motor yang kita miliki sesuai yang di rekomendasikan di atas.

Jika kalian ingin mengganti oli sebaiknya cek lebih dahulu di bagian Body kemasan oli, di situ biasanya tertera Spesifikasi dari oli tersebut lalu kemudian tinggal kita cocok kan dengan spesifikasi yang di butuhkan oleh motor CBR250RR.


Berapa Kapasitas Oli Mesin Honda CBR250RR?

Untuk pihak Honda sendiri merekomendasikan untuk kapasitas yang di butuhkan untuk motor yang satu ini adalah sebagai berikut:

  • Pada penggantian periode atau setiap kali mengganti oli di butuhkan 1,9 L.
  • Pada penggantian saringan oli atau filter oli, kapasitas yang di butuhkan adalah 2,1 L setiap kali anda mengganti filter oli.
  • Pada pembongkarang mesin seperti bongkar bak kopling maka anda membutuhkan 2,4 L.

Kapan waktu yang di butuhkan untuk mengganti Oli pelumas dan Filter Oli Honda CBR250RR

Jadwal yang di butuhkan untuk mengganti Oli pada Honda CBR250RR yang saya rekomendasikan adalah setiap kelipatan 2000 KM atau jika dalam sebulan belum memenuhi frekuensi km di atas maka tidak perlu mengganti Oli tersebut, tetapi jika kalian ingin menggantinya di bawah 2000 km maka akan lebih baik sesuaikan dengan kondisi uang yang ada di kantong kalian.

Sedangkan untuk penggantian filter oli di butuhkan waktu yang lama setiap kelipatan 12.000 km ini yang di rekomendasikan oleh pihak pabrikan tetapi jika kalian ingin lebih cepat dalam mengganti dan khawatir akan kerusakan, maka saya sarankan unttuk menggantinya setiap 4000 km, melihat dari harga part yang tak murah maka sesuaikan dengan kemampuan kalian.

demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.



                         Baca Juga Artikel Lainya: HOMEPAGE>>