IMAGE


Infonyakuy- Siapa sih yang gak kenal dengan motor yang satu ini, Motor impian para kaum muda mudi khususnya pencinta motor sport di kelas 250cc. Saya kira kalian yang mampir di sini sudah pasti para pengguna ataupun pecinta motor CBR250RR. Yups, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara merawat motor khusunya untuk motor CBR250RR, saya akan berbagi pengalaman tentang apa saja keluh kesah serta kelebihan selama memiliki motor CBR ini.

Saya memiliki Honda CBR250RR ini sejak tahun 2021 yang lalu, saya membelinya secara cicil di daerah pekanbaru itupun dengan keadaan second. Tentu saja jika saya beli yang baru saya tidak mampu dengan harganya yang cukup bisa di bilang mahal untuk anak muda yang masih mulai bekerja dan tamat sekolah.

Awalnya saya sebelum memutuskan untuk membeli Honda CBR250RR, saya mempunyai sebuah motor Dtracker yaitu pabrikan dari Kawasaki, di Daerah saya motor yang satu ini cukup populer dan menurut saya yang membuat saya membeli motor ini adalah karna sedang Trending di daerah sini, selain itu juga karna penampilanya yang cukup maco model Supermoto, di jalanan tahan terhadap jalanan Extrim karna Basic dari motor ini adalah motor Trail.

Tapi sayang nya Motor ini masih banyak memiliki PR terutama dari segi teknologi, seperti masih menggunakan sistem suplai bahan bakar yang konfensional mengunakan karburator Vacum, Sehingga di kondisi tertentu serta usia yang cukup lama akan mengalami masalah.

Selain itu terkadang motor ini sulit sekali stabil dari segi langsam atau idle sehingga saya memutuskan memilih menjual dan membeli motor yang sedang kita bahas ini yaitu CBR250RR. Hal yang saya suka dengan motor CBR250RR ini yaitu dari Teknologi yang di usungnya.

Yups tentu saya berani menjual motor kesayangan saya sebelumnya kawasaki Dtracker yaitu karna ingin meraskan perbeda'an Teknologi yang di sematkan di motor CBR ini. Selain itu dari pengalaman saya sebelumnya kebetulan saya adalah seorang mantan karyawan mekanik Honda.

Jadi itulah alasan saya memilih hijrah membeli motor CBR250rr, Selama hampir dua Tahun ini saya menggunakan motor CBR bisa di bilang motor ini cukup memuaskan lah bagi saya terutama dari segi performa mesin yang cukup Super kencang di kelas 250cc.


Apakah Honda CBR250rr Boros Minyak?

Kemudian dari segi Boros atau tidaknya saya kira kurang lebih sama saja seperti kita menggunakan motor pada umumnya tidak boros-boros juga. karna saya sudah membandingkan dengan motor Honda Revo Absolut di rumah, misalkan kita isi bensin satu liter di motor CBR dan Revo semuanya dalam keadaan Tanki kosong, kemudian kita pakai kedua motor ini sama sama untuk jarak tempuh misalnya 8 km Pulang Pergi(pp) hasilnya cukup mengejutkan ternyata waktu saya cek di kedua tanki minyak ini masih terdapat sisa Bensin yang hampir kurang lebih sama walaupun masih banyak di tanki Honda Revo.

Ya menurut saya itu hal yang wajarlah, karna perbedaan Kapasitas mesin yang di usungnya tentu saja yang masih irit akan menang di motor Revo nya. Tapi untuk sekelas 250cc saya kira ini cukup irit untuk motor ini.


Apakah Motor Cbr250rr Gampang Mnegalami Masalah?

Selama saya memakai motor yang satu ini Alhamdulilah tidak ada masalah tp mungkin karna faktor usia, motor Cbr yang saya miliki ini keluaran Tahun 2018, dan jarak yang sudah di tempuh hampir 27.000 km sudah waktunya untuk melakukan penggantian part part, seperti contohnya beberapa minggu yang lalu tiba-tiba gigi perseneling seperti kendor dan ketika di masukkan gigi tidak mau balik keatas dan harus di bantu menggunakan jari kaki untuk menaikkan di atas.


image



Susah masuk Gigi, Setelah itu akhirnya saya memutusan untuk membongkar bagian bak Kopling dan benar saja seperti duga'an saya, ternyata Per Perseneling(Spring Shift Return) mengalami patah.

image
Spring Shift Return

Kemudian Kampas depan yang mulai habis, Dan menurut saya rem bagian belakang motor CBR250rr ini kurang menggigit dan kurang pekem untuk urusan pengereman, jadi buat kalian yang suka kebut-kebutan saya sarankan kalian ganti dengan merek yang lebih baik seperti Brembo.


Cara Reset ECU/ECM Honda CBR250RR

ECU (Engine Control Unit) adalah sebuah komponen elektronik yang digunakan dalam sistem kendali mesin pada kendaraan. ECU menerima sinyal dari sensor-sensor di mesin dan mengontrol berbagai fungsi seperti injeksi bahan bakar, pengaturan timing, dan pengontrol emisi. ECU juga dapat digunakan untuk menyimpan data diagnostik dan informasi lainnya tentang kinerja mesin.

Itulah sistem yang di gunakan pada motor CBR250RR menggunakan sebuah ECM untuk mengontrol semua sistem kerja mesin. Jika kalian mengalami masalah pada motor CBR250rr ini di bagian komponen injeksi maka hal yang harus kalian lakukan adalah cek kode kerusakan pada motor tersebut.

Lalu bagaimana cara melakukan pengecekan ? Caranya cukup mudah kalian hanya perlu mencari Socket DlC atau Socket seperti gambar di bawah ini, letaknya berada di bawah jok motor.


image


Lalu gunakan Tols yang seperti di bawah in,kalian bisa beli di shoope



Lalu tancapkan ke dlc yang ada di motor, kemudian silahkan hidupkan kunci kontak ke on dan Switch Stop Enggine ke Standbay, pastikan lampu MIL menyala seperti gambar di bawah ini.

image
Indikator lampu MIL


Jika Motor dalam keadaan baik-baik saja tidak ada Troble maka lampu MIL akan menyala terus , tetapi jika lampu Mil Berkedip itu menunjukkan ada trobel, silahkan cek dan hitung berapa kedipan yang terjadi di Lampu MIL. Setiap kedipan panjang nilainya adalah 10 dan kedipan cepat nilainya adalah 1(satu) hitung berapa kedipan dan cocokan dengan nilai kode kerusakan yang ada di Motor Honda. silahkan Search di Google Kode kerusakan pada motor honda maka akan muncul.

Sebagai Contoh Jika yang muncul kode kerusakan 12 maka itu adalah kode kerusakan yang di tunjukan untuk injector dan kode kerusakan 8 adalah Sensor TP. 

Kemudian periksalah bagian yang bermasalah, jika sudah tidak ada yang bermasalah langkah selanjutnya adalah melakukan Reset ECM ini hanya bisa di lakukan menggunakan Tols Scaner Diagnostic, pada motor cbr250rr.

Tetapi jika hanya ingin menghapus kode kerusakan saja (Troble) kalian bisa gunakan Connector DLC yang saya sebutkan di atas, Caranya :
  1. matikan kunci kontak of.
  2. kemudian hubungkan socket DLC ke socket yang ada di motor
  3. kemudian hidupkan kunci kontak ke posisi ON, tunggu sekitar 2 detik.
  4. Setelah itu cabut konector DLC kemudian tunggu sekitar 4 detikan (Lampu MIL akan berkedip cepat) kemudian Tancapkan kembali Conector DLC tersebut ke Socket dlc yang ada di motor.
  5. langkah selanjutnya matikan kunci kontak sejenak dan hidupkan kembali.
  6. Periksa apakah Lampu MIL masih berkedip jika tidak maka Riset Kode Kerusakan Berhasil.
Demikian cara RISET kode kerusakan di ECU/ECM, Jika masih bingung silahkan komen di kolom komentar.



                              Baca Juga Artikel Lainya: HOMEPAGE>>