Infonyakuy- Dalam agama islam, setiap muslim memiliki keutamaan dalam ibadah, diantaranya Sholat. Sholat sendiri di dalam Islam ada yang wajib dan ada pula yang Sunah. Sholat yang wajib fardhu artinya bagi setiap muslim harus menjalankan ibadah sholatnya.


ilustrasi gerakan sholat qobliyah subuh
ilustrasi gerakan sholat

Aapabila tidak menjalankan maka akan mendapatkan Dosa. Di dalam agama Islam, Sholat yang wajib ada 5 Lima waktu yaitu

  1. Sholat Zuhur
  1. Sholat Ashar
  1. Sholat Mahgrib
  1. Sholat Isya'
  1. Sholat Subuh

Kelima sholat tersebut hukumnya Wajib di laksanakan oleh setiap Muslim yang ber iman kepada Allah. Selain sholat yang wajib di lakukakan, ternyata di dalam islam ada pula yang namanya sholat Sunnah. Sholat ini sendiri hukumnya di dalam islam adalah hukumnya tidak wajib, tetapi barang siapa yang melakukaknya maka akan mendapatkan ganjaran Pahala dan hatinya akan dekat dengan allah.

Sholat sunah ada banyak macamnya, diantaranya ialah sholat sunah Qobliyah Subuh. Sholat Qobliyah subuh merupakan sholat yang di lakukan sebelum melakukakn sholat wajib Shubuh. Sholat Qobliyah Subuh memiliki nama lain sholat sunah Barad.

Mengapa di beri nama Barad, ternyata di karenakan sholat ini di laksanakan ketika cuaca masih dalam keadaan dingin pada waktu Subuh. Menurut Mazhab Syafi'i sholat Qobliyah itu seperti Sholat sebelum fajar.

Nah dari keterangan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa sholat Qobliyah subuh merupakan sholat sunnah yang di kerjakan di pagi hari seblum melaksanakan sholat fardu subuh. Adapun tata cara melaksanakan sholat Qobliyah subuh adalah sebagai berikut.



Tata Cara Sholat Dan Niat Qobliyah Subuh Lengkap

Seperti pelaksana'an sholat lainya, Sholat Qobliyah Subuh juga memiliki Do'a dan Niat tersendiri, anda harus mempraktekkan dan mengingat Niat sholat Qobliyah Subuh. Berikut adalah Niat sholat Qobliyah Subuh dan tata cara melasanakan sholatnya.


Niat Sholat Qobliyah Subuh

Baca'an niat sholat qobliyah subuh
Niat sholat qobliyah

Ushalli Shunata Subhi Raq'ataini lillahi Ta'ala

Yang Artinya: Aku Sengaja Melaksanakan Sholat/Sembahyang Sunnah Subuh Dua Raka'at  Karena Allah Ta'ala


Tata Cara Melaksanakan Sholat Qobliyah Subuh

Adapun tata cara melaksanakan sholat Qobliyah Subuh sebenarnya hampir sama juga dengan gerakan serta tata cara melakukan sholat wajib 5 lima raka'at. Tetapi perbeda'anya ialah ia dilakukan hanyaa dua Raka'at.Tentunya agar sholat kita khusyuk maka alangkah baiknya kita memperhatikan tata cara sholat kita. Di mulai dari niat dalam hati kita mengharap Riho  dari Allah SWT.


Berikut ialah urutan tata cara Sholat Qobliyah Subuh:

  1. Membaca Niat Terlebih Dahulu Sholat Qobliyah Subuh
  2. Kemudian Dilannjutkan Dengan Takbiratul Ikhram
  3. Selanjutnya di lanjutkan Dengan Membaca Surah Al-fatihah
  4. Membaca Surah Pendek Dalam Al-qur'an
  5. Kemudian Dilanjutkan Dengan Rukuk
  6. Kemudian Iktidal
  7. Selanjtnya Sujud Pertama
  8. Di lanjutkan Duduk Di Antara Dua Sujud
  9. Kemudian Sujud Kedua Raka'at Pertama
  10. Kemudian Berdiri Kembali Dan Mengulangi Urutan Gerakan Sholat Di Atas Tadi Dari Membaca Surah AL-fatihah Dan Di Lanjutkan Dengan Membaca Surah Pendek
  11. Kemudian Duduk Di Antara 2 Dua Sujud
  12. Di lnjutkan Mengucapkan Salam Menoleh Dari Kanan Ke Kiri
Apabila sholat telah selesai maka selanjutnya ialah bisa di lanjutkakn dengan membaca Zikir, dan bisa pula di lanjutkan dengan membaca doa dan meminta ampun kepada allah.
Setelah selesai semuanya maka di anjurkan pula untuk berbaring sejenak ke arah samping kanan sembari menunggu adzan subuh. Demikian lah Tata cara Sholat Qobliyah Subuh, semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua.