image


Infonyakuy- Nani Wijaya adalah seorang aktris dan penyanyi Indonesia yang lahir pada tanggal 24 Mei 1955 di Jakarta. Ia memulai kariernya di dunia hiburan sebagai penyanyi pada tahun 1970-an dan kemudian beralih ke dunia akting pada tahun 1980-an.

Beberapa film yang pernah dibintanginya antara lain "Mengejar Mas Mas", "Pengantin Remaja", "Pengantin Pantai Biru", dan "Perempuan-Perempuan Liar". Selain itu, Nani Wijaya juga sering tampil di layar kaca melalui beberapa sinetron populer seperti "Si Yoyo", "Aku dan Dirimu", "Si Doel Anak Sekolahan", dan "Anakku Bukan Anakku".

Selain berkarier di dunia hiburan, Nani Wijaya juga aktif dalam kegiatan sosial dan politik, dan pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) pada periode 2004-2009.

Nani Wijaya juga dikenal sebagai seorang pencipta lagu dan telah menciptakan banyak lagu populer di Indonesia. Beberapa lagu yang diciptakan oleh Nani Wijaya dan hingga kini masih cukup populer ialah antara lain:

  1. "Kucari Jalan Terbaik" - dipopulerkan oleh Nafa Urbach.
  2. "Terpesona" - dipopulerkan oleh Melly Goeslaw.
  3. "Lelaki Buaya Darat" - dipopulerkan oleh Inul Daratista.
  4. "Dalam Kerinduan" - dipopulerkan oleh Bunga Citra Lestari.
  5. "Cintaku Bersemi Kembali" - dipopulerkan oleh Anang Hermansyah.
  6. "Jangan Pernah Kau Ragukan" - dipopulerkan oleh Chrisye.
  7. "Kau Selalu Dihatiku" - dipopulerkan oleh Ruth Sahanaya.
  8. "Ku Cari Jalan Terbaik" - dipopulerkan oleh Nike Ardilla.
  9. "Kupu-Kupu Malam" - dipopulerkan oleh Ermy Kulit.
  10. "Biarkanlah Aku Mengalah" - dipopulerkan oleh Yuni Shara.

Itulah beberapa lagu ciptaan Nani Wijaya yang menjadi hits di Indonesia dan masih sering didengarkan hingga saat ini.

Kini Artis Yang cukup populer di tahun 60-han ini sudah mnghembuskan nafas terakhirnya di usia yang cukup tua yaitu 79 Tahun. Di makamkan di tempat Pemakaman Umum Babakan Madang Sentul Jawa Barat pada Kamis 16 maret 2023.

Di Kabarkan beliau menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit RSUP Fatmawati pukul 3 Dini hari. Kita Doakan semoga beliau di ampuni segala dosa-dosanya dan keluarga yang di tinggalkan mendapatkan ketabahan atas kepergian mendiang.

Baca Juga: