image


Infonyakuy-Kendaraan motor listrik merupakan kendaraan yang ditenagai oleh listrik menggunakan satu atau lebih  sebuah motor listrik untuk bisa menggerakkan sebuah roda pada sepeda motor atau mobil. 

Kendaraan motor listrik ini menjadi semakin populer pada saat ini, karena banyak orang mulai mempertimbangkan opsi kendaraan yang lebih stabil ramah lingkungan dan pastinya efisien dalam banyak hal dari pada penggunaan bahan bakar seperti bensin.

Sebagian besar kendaraan mobil ataupun motor listrik menggunakan sebuah baterai untuk sumber daya utamanya, yang dapat diisi ulang dengan cara di cas menggunakan sumber listrik eksternal seperti stasiun pengisian atau stopkontak rumah. 

Saat ini kendaraan motor listrik juga dilengkapi dengan sistem regeneratif, di mana energi kinetik saat pengereman dikonversi kembali menjadi sebuah energi listrik dan nantinya akan disimpan kembali ke baterai, ini sangat meningkatkan efisiensi penggunaan sebuah energi kendaraan yang ramah lingkungan dan efesien tentunya.

Keuntungan utama dari kendaraan motor listrik ini yaitu kebersihan dan keefisiennya. Kendaraan motor atau mobil listrik tidak mengeluarkan asap atau emisi gas buang yang bisa saja merusak lingkungan sekitar kita, serta biaya operasional yang bisa di bilang lebih murah karena biaya pengisian baterai jauh lebih murah di bandingkan dengan bahan bakar bensin atau solar. 

Selain itu juga, motor listrik juga memiliki  torsi yang lebih cenderung datar, yang ini menandakan mereka bisa menghasilkan torsi yang jauh lebih tinggi pada putaran rendah, ini sangat memberikan akselerasi yang jauh lebih baik tentunya dan membuat kendaraan mobil atau motor listrik terasa sangat responsif.

Namun, ada yang perlu kalian ingat juga kendaraan motor listrik seperti kendaraan pada umumnya, mereka juga memiliki kelemahan. Salah satunya yaitu jarak tempuh yang mungkin akan lebih terbatas dibandingkan dengan kendaraan konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil dengan tangki bahan bakar yang bisa di isi penuh kapan saja dan di mana saja.

Ini bisa menjadi masalah untuk penggunaan jarak yang cukup jauh  ketika akses ke pengisian baterai belum memadai dan masih sangat terbatas. Selain itu, biaya kendaraan motor dengan tenaga listrik masih cukup mahal di bandingkan dengan kendaraan konvensional, meskipun biaya operasional lebih rendah dapat membantu mengurangi biaya total kepemilikan kendaraan.

Secara keseluruhan, kendaraan motor dengan tenaga listrik adalah alternatif yang menarik untuk kendaraan saat ini yaitu kendaraan konvensional dengan keuntungan lingkungan yang lebih bersih dan efisiensi energi yang jauh lebih ramah di kantong. 

Namun, kendaraan motor listrik ini masih akan terus di kembangkan dan memerlukan peningkatan infrastruktur seperti tempat pengisian seperti pom dan pengembangan teknologi kedepanya untuk bisa meningkatkan daya tahan batrai untuk jarak tempuh yang lebih jauh.

Beberapa Merek Kendaraan Motor Listrik Yang Ada Di Indonesia

Di Indonesia, ada beberapa kendaraan motor listrik yang sudah tersedia di pasaran, antara lain:

  1. Gesits: Kendaraan motor listrik ini diproduksi oleh PT Wijaya Sentosa, dan menjadi kendaraan motor listrik pertama yang diproduksi secara massal di Indonesia. Gesits didukung oleh baterai 60V/28Ah yang dapat menempuh jarak hingga 80 km dengan satu kali pengisian.
  2. Viar Q1: Kendaraan motor listrik ini diproduksi oleh PT Triangle Motorindo, dan hadir dengan pilihan baterai 48V/20Ah atau 60V/20Ah. Viar Q1 memiliki jarak tempuh sekitar 70 km dengan satu kali pengisian.
  3. Selis E-Lobby: Kendaraan motor listrik ini diproduksi oleh PT Sentra Bisnis Solusindo, dan hadir dengan kapasitas baterai 72V/26Ah yang dapat menempuh jarak hingga 80 km dengan satu kali pengisian.
  4. Deltamas E-Gyuto: Kendaraan motor listrik ini diproduksi oleh PT Deltamas Agro Sejahtera, dan hadir dengan kapasitas baterai 72V/32Ah yang dapat menempuh jarak hingga 80 km dengan satu kali pengisian.
  5. Esemka Bima: Kendaraan motor listrik ini diproduksi oleh PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), dan hadir dengan kapasitas baterai 72V/32Ah yang dapat menempuh jarak hingga 60 km dengan satu kali pengisian.
  6. Garansindo Electric Scooter: Kendaraan motor listrik ini diproduksi oleh PT Garansindo Inter Global, dan hadir dengan kapasitas baterai 72V/20Ah yang dapat menempuh jarak hingga 60 km dengan satu kali pengisian.

Itulah beberapa contoh kendaraan motor listrik yang sudah tersedia di Indonesia. Meskipun masih sedikit, keberadaan kendaraan motor listrik di Indonesia menunjukkan adanya perkembangan positif dalam industri otomotif yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: