Infonyakuy.com- Mungkin sudah banyak orang yang tau apa itu RDP, dan ada pula yang belum mengetahui apa yang di maksud dengan RDP serta fungsi dan cara menggunakan RDP tersebut di HP ataupun laptop mereka.

Disini saya akan menjelaskan serta memberikan tutorial cara menggunakan RDP di Hp android atau Laptop kalian. Tapi sebelum saya menjelaskan bagaimana cara menggunakan  RDP tersebut di Hp maupun di laptop, saya akan menjelaskan secara singkat terlebih dahulu apa sih yang di maksud dengan RDP itu!

RDP itu sebenarnya adalah sebuah singkatan, yang memiliki kepanjangan kata (Remote Desktop Protocol) . Ia memiliki fungsi yang bermacam-macam tergantung kepentingan si pemakainya, mungkin untuk orang IT atau pun orang yang biasa menangani sebuah jaringan pasti paham lah ya dengan Rdp ini.

Tapi tak semua orang mengetahui terutama orang awan pasti mengira ini adalah sebuah Bot ataupun semacamnya. Secara fungsi Rdp ini biasa di gunakan oleh banyak orang untuk membantu mereka dalam mengerjakan sebuah tugas ataupun pekerjaan. memang benar fitur ini bisa membantu seseorang melakukan pekerjaan layaknya sebuah komputer yang di jalankan di rumah kita.

mungkin dari penjelasan di atas mungkin kalian sudah bisa menebak apa itu Rdp. Yups RDP adalah sebuah komputer virtual yang bisa di akses di mana pun dan kapanpun oleh orang lain melalui sebuah jaringan di internet.

Sebagai orang yang awam sekali tentang komputer mungkin masih belum faham dengan penjelasan saya barusan, tapi tenang aja saya akan mencoba menjelasakan menggunakan bahasa orang awam atau bahasa istilah. Jadi Rdp itu bagaikan sebuah komputer yang benar-benar mirip dengan komputer yang ada di rumah kita.

tampilan rdp


Mulai dari tampilan di layar Hp kita ataupun di laptop kita ketika kita mengakses sebuah RDP maka tampilanya akan mirip seperti yang ada di komputer, seperti windows,linux dan lain-lain.

Rdp juga memiliki ukuran memori RAM dan memori Internal layaknya sebuah perangkat keras komputer nyata yang bisa di akses, namun perbeda'anya adalah RDP ini sebuah layanan komputer virtual alias barangnya atau komputernya tidak nampak tetapi bisa menampilkan gambar di layar Hp atau pun laptop seperti sebuah komputer seperti windows ataupun linux dengan cara di akses melalui jaringan internet.

Nah sekarang kalian sudah paham kan apa yang di maksud dengan Rdp?

Jadi sekarang sa'atnya menjelaskan bagaimana cara menggunakan RDP ini di ponsel Hp kalian dan juga di laptop kalian. Untuk pengguna Hp anndroid kalian wajib dahulu menginstak sebuah Apk di google playstore.

Sedangkan untuk di laptop ataupun di komputer kalian bisa langsung mengaktifkanya tidak perlu instal sebuah Aplikasi tambahan.

untuk langkah langkahnya kalian bisa ikutin tutorial di bawah ini.


Cara menggunakan Rdp di Hp Android

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengakses Remote Desktop Protocol (RDP) pada perangkat Android:

  1. Download dan instal aplikasi RDP client seperti Microsoft Remote Desktop, AnyDesk, atau aplikasi RDP lainnya dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi RDP dan masukkan alamat IP atau nama komputer yang ingin Anda akses.
  3. Masukkan username dan password untuk mengakses komputer yang ingin Anda jangkau.
  4. Pastikan komputer yang ingin Anda jangkau memiliki fitur Remote Desktop aktif dan terkonfigurasi dengan benar.
  5. Jika komputer yang ingin Anda akses berada dalam jaringan, pastikan perangkat Android Anda terhubung dengan jaringan yang sama.
  6. Setelah terhubung, Anda akan melihat layar desktop dari komputer yang ingin Anda akses dan dapat mengontrol komputer tersebut dari perangkat Android Anda.

Catatan: Beberapa aplikasi RDP mungkin memerlukan konfigurasi tambahan seperti membuka port firewall atau mengaktifkan Remote Desktop pada komputer yang ingin Anda akses.

Untuk mendapatkan RDP ini kalian bisa beli di shoope ataupun website penyedia layanan Rdp, harganya pun bervariasi tergantung spek RDP yang kalian butuhkan. Kalian juga bisa mendapatkan RDP ini secara gratis di beberapa situs Website secara uji coba atau Trial.

Untuk mendapatkan RDP gratis 7 hari kalian bisa coba untuk mendapatkan secara Trial di Website Cloudsigma atau klik link berikut ini : www.mnl.cloudsigma.com

Tutorial Lengkap Cara Menggunakan RDP di Android



Cara menggunakan Rdp di Laptop

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengakses Remote Desktop Protocol (RDP) pada laptop:

  1. Pastikan Windows Remote Desktop Service terinstall dan diaktifkan pada laptop yang ingin Anda akses.
  2. Buka Control Panel dan pilih System and Security. Klik Remote Settings dan pastikan Remote Desktop pada bagian Remote Desktop Connection settings diaktifkan.
  3. Catat alamat IP dari laptop yang ingin Anda akses atau namanya. Anda bisa menemukannya dengan membuka Command Prompt dan mengetikkan "ipconfig" atau dengan membuka System Properties dan melihat pada bagian Computer name, domain, dan
  4. Pada laptop Anda, buka Remote Desktop Connection. Masukkan alamat IP atau nama komputer yang ingin Anda akses.
  5. Masukkan username dan password yang terkait dengan akun pada laptop yang ingin Anda akses.
  6. Jika konfigurasi sudah benar, Anda akan terhubung dengan laptop yang ingin Anda akses dan dapat mengontrolnya seolah-olah sedang menggunakannya secara langsung.

Catatan: Beberapa firewall atau perangkat jaringan lain mungkin memerlukan konfigurasi tambahan untuk memungkinkan koneksi RDP. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dari administrator jaringan atau dari dokumentasi perangkat jaringan Anda.


Untuk mendapatkan RDP khusus laptop ini kalian bisa beli di shoope ataupun website penyedia layanan Rdp, harganya pun bervariasi tergantung spek RDP yang kalian butuhkan. Kalian juga bisa mendapatkan RDP ini secara gratis di beberapa situs Website secara uji coba atau Trial.

Untuk mendapatkan RDP gratis 7 hari kalian bisa coba untuk mendapatkan secara Trial di Website Cloudsigma atau klik link berikut ini : www.mnl.cloudsigma.com

Cara Super Cepat Kejar 4000 Jam Tayang,Menggunakan RDP, Apa Itu RDP???