Asal Muasal Permainan Latto-Latto


image
sumber foto yt :fajrul fx

INFONYAKUY- Kalian pasti mendengar permainan ini. Permainan yang sedang viral di indonesia baru-baru ini, ntah dari mana awalnya permainan ini bisa viral, kini hampir di seluruh Indonesia sedang demam Bermain latto-latto.

Tak hanya di mainkan oleh Anak-anak saja tetapi Permainan ini rupanya juga di mainkan oleh orang Dewasa loo!! lalu bagaimanakah sejarahnya? Berikut telah saya rangkum sedikit mengenai Sejarah Permainan latto-latto.

Permainan lato lato sendiri adalah sejenis permainan yang populer di Indonesia. Menurut cerita yang beredar, permainan ini berasal dari daerah Sulawesi Selatan,tepatnya di Kabupaten Bone. Namun, sekarang permainan ini sudah banyak dimainkan di seluruh Indonesia.

Permainan lato lato biasanya dimainkan oleh anak-anak di sekolah atau di taman-taman bermain. Namun belakangan ini, juga di mainkan oleh orang Dewasa. Cara bermainnya pun cukup mudah, yaitu dengan memukul bola kecil yang disebut lato dengan batu kecil atau batu besar. Tujuannya adalah mencari cara agar lato tersebut tidak terkena batu, atau terlempar jauh ke luar arena permainan.

Permainan lato lato sering dimainkan oleh anak-anak sebagai sarana bermain sekaligus sebagai tempat untuk berlatih koordinasi mata dan tangan. Selain itu, permainan ini juga dapat mengasah kecerdasan anak dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Itu dia penjelasan singkat mengenai Permainan latto-latto. Jadi kita sekarang sudah mengetahui, mengenai asal muasal Permianan ini berasal. Namun, jika di bandingkan dengan Latto-latto yang sekarang kita ketahui, sangat terlihat berbeda. 

image
sumber foto yt :fajrul fx

Dimana bentuk Permainan ini tidak terbuat dari Batu melainkan dari sebuah plastik yang Berbentuk bulat, dan ada sedikit Tonjolan lubang untuk sebuah pengait Tali.

Tali tersebut berfungsi untuk Mengikat Latto-latto agar tak terlepas dari Genggaman para pemain, dan di Lempar agar saling bertabrakan dan membentuk sudut 190 Derajat, yang di mana akan menghasilkan Bunyi yang sangat Unik.

Baca juga:

Beberapa Permainan Yang Mirip Dengan Lato-lato

Selain Permainan Latto-latto, ternyata ada lo, Sebuah Permainan yang hampir mirip dengan Permainan Unik tersebut. Berikut adalah permainan yang hampir serupa dengan Latto-lato:

Beberapa permainan yang mirip dengan lato-lato adalah:

1. Permainan Lele-lele 

Permainan ini mirip dengan lato-lato, tetapi terdiri dari beberapa tim yang bertanding satu sama lain. Setiap tim memiliki sebuah lele-lele (sejenis bola kecil yang terbuat dari kain) dan harus mencoba untuk menjatuhkan lele-lele tim lawan ke luar batas lapangan permainan dengan menggunakan tangan atau lengan.

2. permainan Bola Salju

Permainan ini juga mirip dengan lato-lato, tetapi dilakukan di salju dan menggunakan bola salju sebagai bola. Setiap tim harus mencoba untuk mencetak gol ke gawang lawan dengan melempar bola salju ke arah gawang.

3. Permainan Kapal Keliling

Permainan ini mirip dengan lato-lato, tetapi terdiri dari beberapa tim yang saling bertanding di sebuah lapangan yang berbentuk seperti sebuah kapal. Setiap tim harus mencoba untuk menjatuhkan tim lawan ke luar batas lapangan dengan menggunakan tangan atau lengan.

4. Permainan Bola Kasti

Permainan ini mirip dengan lato-lato, tetapi terdiri dari beberapa tim yang saling bertanding di sebuah lapangan yang berbentuk seperti sebuah kastil. Setiap tim harus mencoba untuk menjatuhkan tim lawan ke luar batas lapangan dengan menggunakan tangan atau lengan.

5. Permainan Bola Panggung

Permainan ini mirip dengan lato-lato, tetapi dilakukan di sebuah panggung atau arena dengan menggunakan bola panggung (sejenis bola kecil yang terbuat dari karet). Setiap tim harus mencoba untuk menjatuhkan tim lawan ke luar batas lapangan dengan menggunakan tangan atau lengan.

Itulah beberapa Permainan yang menyerupai Permainan Latto-latto, walaupun mungkin cara bermainya sedikit berbeda dengan Permainan asli Latto-latto. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Untuk Informasi lainya, silahkan Baca Artikel di Halaman ini : INFONYAKUY.COM